Jumat, 08 Mei 2015

Membuat Log In Multi User di Delphi

kali ini saya akan memberi tahu bagaimana cara membuat sebuah Log In Multi User pada Delphi   sebenarnya tidak sulit sama sekali, selagi anda masi mau mencobanya dengan sabar....Agar tutorial ini berjalan dengan baik maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini dengan baik dan benar.


1. Membuat database AccessKarena tutorial ini menggunakan basis data acces maka harus dibuatkan database access terlebih dahulu, Misalkan disini saya membuat database useraccess.mdb dengan tabel Tuser seperti pada gambar di bawah.
Membuat Log in Multi User di Delphi
Serta intputkan 2 data pada tabel Tuser untuk testing nanti.
username : admin    password: admin       level:admin
username : admin    password: admin       level:adminusername:kasir       password:kasir         level:kasir2. Membuat Form Menu ProgramDalam tutorial ini dibahas untuk user sebagai admin hak aksesnya adalah Master Data dan Menu Laporan dan untuk kasir hak aksesnya adalah Transaksi Penjualan dan Transaksi Pembelian maka dibuat menu utama seperti pada gambar dibawah ini.

Membuat Log in Multi User di Delphi
3. Membuat Form LoginPembuatan form login digunakan untuk login ke program sekaligus memberikan akses kontrol kepada setiap user.
Koneksikan ADOConnection ke database terlebih dahulu. Apabila belum tau caranya silahkan ke turorial yang membahas koneksi Acces dengan Delphi kesini. Properties ADOQuery1 Connecntion diisi dengan ADOConnection1.4. Penulisan Script di Form Log InPada tombol log in teliskan perintah seperti di bawah ini. Sebelumnya tambahakn uses Form1 dulu pada Form Login.
implementation uses SimpleMultiUser;
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);begin if Edit1.Text = '' then showmessage('User masih kosong') else if Edit2.Text = '' then Showmessage('Password masih kosong') Else begin With AdoQuery1 do begin Close; SQL.Clear; SQL.Add('select * from Tuser where username=:user and password=:pass'); parameters.ParamByName('user').Value:=Edit1.Text; Parameters.ParamByName('pass').Value:=Edit2.Text; Open; end; if not ADOQuery1.IsEmpty then begin if UPPERCASE( ADOQuery1.FieldByName ('level').Value )='KASIR' then begin Form1.M1.Visible := False; form1.L1.Visible; end else\ Form1.T1.Visible := False; Close; end else MessageBox(handle,'Password atau user yang dimasukan salah','Error',MB_ICOnerror); end;end;5. Penulisan Script pada Form1 atau Form UtamaPada Event onShow tuliskan script seperti di bawah. Tambahkan juga unit2 pada Form1uses Unit2; procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);begin Form2.ShowModal;end;6. Jalankan Program dengan Menekan F9Apabila penulisan skrip tidak ada yang salah maka program akan berjalan dengan lancar. hehehehe.... kalau punya ane ini di jamain tidak salah, karna saya sudah melakukannya.... heheheheh :D

Tidak ada komentar: